Titipan doa

Dear all,

Ide awal membuat blog ini adalah memberi tahu keluarga gue di Padang mengenai kegiatan gue selama di Belanda, dan menyimpan kisah perjalanan gue biar nggak hilang di ingatan. Karena pengunjung blog ini sudah ribuan dan gue disupport teman untuk membukukan cerita ini, maka kisah gue ini akan gue edit menjadi 70 halm sesuai syarat redaksi karena total post di blog ini cuma 40 halm. Untungnya masih banyak yang belum gue ungkap di blog.

Doakan hasil karya gue menjadi lebih baik, lebih detil dan lebih bermanfaat ya...
Semoga lolos penerbitan. Amin.

Thx dah mampir.

NOTE: Mau baca yang sudah di edit lengkap? baca di: caprivhia.com

Monday, July 18, 2011

Part 8: Memasak di ultah camer

Camer gw merayakan ulang tahun yang ke 67 dan beliau mengundang semua anak dan pasangan nya untuk makan malam di rumah. Sehubungan gw berada di sana, jadilah gw tawarkan untuk memasak masakan Indonesia. well, demi tidak membuat pesta ultah kacau, gw hanya menyiapkan cemilan dan si camer yang hobi masak ini menyiapkan main course; lasagna dan salad ikan salmon. ayo tebak apa yang gw bikin? goreng tempe!



Masakan gw:
Rasanya tidak afdol kalo mereka hanya mencicipi goreng tempe, secara gw sudah berkoar-koar ke saudara2 lain kalo mereka akan mencicipi masakan Indonesia, dan ternyata itu cuma goreng tempe. Akhirnya gw berinisiatif membuat perkedel daging dari daging giling yang sudah menjadi menu wajib di sini. perkedel daging ini simpel banget, gw juga gak pernah bikin sebelumnya, tapi karena gw hobi masak, ya bisa aja menebak bahannya. daging gilingnya diuleni dulu, kasih daun bawang, bawang merah, bawang putih, merica, telur kocok, dan garam, selesai. Jadi bumbu nya gw siapkan beberapa jam sebelum tamu berdatangan. dan berniat menggoreng perkedel 1 jam sebelum acara di mulai.

Kado:
Untuk ulang tahun camer bapak yang juga hobi membaca ini, gw dan Geart memilih kado sebuah buku tentang pelukis Jansen yang menjadi inspirasi beliau melukis. satu buah buku lagi untuk menambah koleksi pustaka beliau, dan tentunya satu hobi lagi; melukis. Beliau sudah melukis di puluhan kanvas, sebagian di pajang di dinding dan sebagian hanya di tumpuk di gudang. Memberi kado di hari ultah, ucapan terima kasih, ucapan selamat, ungkapan perhatian, dll adalah salah satu kebiasaan orang Belanda. Bahkan katanya gak sopan kalo kita bertamu ke rumah seseorang yang akan kita tinggali tanpa membawa apa-apa.


Para tamu:
Akhirnya para tamu berdatangan satu per satu. Tamu nya cuma kakak-kakak Geart yang semuanya perempuan, dan datang dengan pasangan nya masing-masing. Sebelumya gw udah kenal lewat facebook, jadi pertemuan awal nggak kagok banget. Di samping itu gw juga udah pernah saling kirim kado. Senangnya lagi, mereka tanpa terkecuali juga menyediakan kado untuk kedatangan gw. waduhh.. terharu, pada baik dan perhatian semua :) habis Geart nya bungsu sih, satu-satunya anak lelaki penerus nama keluarga di masa depan.

Ngobrol-ngobrol:
Selama menunggu jam makan malam, mereka bergantian ngobrol sama gw. Mungkin situasi gini buat orang lain agak nervous ya...untungnya gw nggak; yang sini ajak bicara tentang penjajahan Belanda di Indonesia, yang sana ajak bicara tentang pelestarian lingkungan di Indonesia, yang itu ajak bicara tentang pekerjaan gw, yang lain bicara tentang bagaimana gw selama di Belanda. Semua mau bicara.. dan saling berbicara.. ngingg.... udah kayak tawon. sumpah, gw pikir orang belanda pendiam, tau2nya kemana-mana yang ada ngobrooollll terusss.

Makan malam:
Saatnya makan malam yang tidak di jam malam. Jadi makan malam nya rata2 jam 6 sore. Satu jam sebelum makan gw sudah menggoreng perkedel daging dan tempe. Sipp, selesai tepat pada waktu nya. Makan malam segera di mulai. taraaaa.... perkedel daging gw di puji2 abis. huahahhaha... gak pernah makan enak sih bule. Tapi lasagna camer gw juga enak banget, beda dengan lasagna yang di pizza, lapis demi lapisnya seger banget, dan buah olive nya juga banyak banget. Kalo salad salmon nya gw gak begitu suka, soalnya pada mentah semua. mungkin karena belum terbiasa...









3 comments:

  1. Dear Uni...

    Bagaimana respon keluarga disana mengenai tempe goreng ala chefvia nya?..apa cuma itu saja makanan yang uni buat?..

    Regards

    Adek Liando

    ReplyDelete
  2. hahahaha, hajar terus dek...

    tempe goreng katanya ueenak tenan. tinggal di kasih tepung kobe dek. rasanya sama kok dengan yg di Indo.
    yummy..

    ReplyDelete
  3. tempe memang salah satu makanan favorit di luar negri bukan hanya di indo ..he3x

    ReplyDelete

Thx for comment, kalo nggak punya akun di blog atau email, silahkan pilih profil anonymous aja atau Name/URL untuk tulis nama, dan URL nggak wajib diisi.

salam,
Via