Titipan doa

Dear all,

Ide awal membuat blog ini adalah memberi tahu keluarga gue di Padang mengenai kegiatan gue selama di Belanda, dan menyimpan kisah perjalanan gue biar nggak hilang di ingatan. Karena pengunjung blog ini sudah ribuan dan gue disupport teman untuk membukukan cerita ini, maka kisah gue ini akan gue edit menjadi 70 halm sesuai syarat redaksi karena total post di blog ini cuma 40 halm. Untungnya masih banyak yang belum gue ungkap di blog.

Doakan hasil karya gue menjadi lebih baik, lebih detil dan lebih bermanfaat ya...
Semoga lolos penerbitan. Amin.

Thx dah mampir.

NOTE: Mau baca yang sudah di edit lengkap? baca di: caprivhia.com

Monday, July 18, 2011

Part 3: Tentang orang Belanda (kesan pertama)


Cara salam:
Di Belanda, peluk cium sudah wajar. baik laki ato perempuan. Ini bagusnya, kita serasa makin dekat. Pertama kali ketemu orang asing, mungkin cuma jabat tangan doang. tapi setelah bicara dan ngobrol2 sedikit bisa lebih dekat, bisa salam perpisahan dengan peluk cium. kalau sudah tau itu bagian dari keluarga, misalnya orang tua nya, atau saudaranya.. salam pertama bisa langsung dipeluk dan cium pipi kanan kiri kanan (3x). pisah juga gitu. tapi yg pasti bukan tiap kali ketemu, kayak di indo yg ketemu calon mertua cium tangan terus yg walaupun ketemu sekali 3 hari.. tetep sungkem cium tangan. kalau di Belanda nggak, bisa aja ucapan terima kasih juga peluk cium.

Ukuran tubuh:
Jangan kira orang Belanda semua segede bagong ya.. gak kok, sama kayak kita. beda dengan orang Amerika ato Australia. Di Belanda juga ada orang yang kecil, pendek, buntel, tinggi, kurus, dll. jadi gw yang kecil ini gak terlalu merasa minder, hehehe.. cuma yang jerawatan kayak gw yg jarang :P, ternyata baju hangat nya camer bisa di pas in ke gw. hehehe.. gratis.

Bahasa sehari-hari:

Yang pasti pake bahasa Belanda dong. tapi kemana pun gw pergi, gw berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan komunikasi lancar. artinya, hampir semua orang yang ditemui bisa berbahasa inggris. kecuali yang udah tua banget, yang sekolahan nya dulu pake bahasa nasional doang. soalnya sekolahan sekarang di Belanda hampir semua taraf internasional. Buku berbahasa inggris dan ujian berbahasa inggris, jadi semua siswa wajib pinter bahasa Inggris.

Ada sebagian daerah masih pake bahasa Frysian. tau merek susu kental manis Frysian flag kan? yang ada bendera nya? nah itu dari daerah Friesland. bahasanya beda. jadi sebagian ada yang ngotot mempertahankan bahasa tersebut dan menurunkan sama anak cucu. terutama camer gw yg laki. (hehehe.. maap, nanti saya mau ajarin bahasa Padang sama anak saya, bukan friesland :P nanti dia bingung.)


Rumah:
Hampir semua rumah non permanen. maksudnya dinding doang yang tembok, kalau rumahnya bertingkat, itu terbuat dari kayu. tapi walaupun dari bahan kayu, tetap aja mahal. sewa apartemen yg murah tetap harganya jutaan kalau dihitung uang kita. kalau rumah camer yang gw tempatin sekarang, semua di alas karpet. gak tau juga yang laen, yang pasti rumah manapun serba kayu. kalau mau masuk rumah, sendal atau sepatu nya di pake aja. sendal ato sepatu yang kita pake dari luaran, dari ujung kulon sekalipun tetep di pake terus sampai ke kamar tidur segala. Kalau dipikir, rumahnya pasti jorok. ternyata tidak, karena memang di Belanda gak ada kotoran, sampah, debu, dan bersih dimana2... so, bisa gak bersih2 rumah beberapa hari. paling di vacum dua atau tiga hari sekali.

Disiplin:
 
Menurut gw, orang Belanda dengan gaya hidupnya yang disiplin, menjadi tidak banyak yang punya sifat malas. mungkin ada.. tapi tetap harus disiplin. disiplin kebersihan, pajak, solideraitas, dll. misalnya, disipilin masalah kebersihan, kalau buang sampah sembarangan kena denda. contoh lain, listrik, kalau gak disiplin dalam pemakaian listrik bisa bangkrut. eh, gak bangkrut2 amat sih.. tapi kan listrik gak gratis, lumayan mahal katanya. gak kayak di indo. listrik di subsidi, tapi servis tidak memuaskan. kalau di Belanda, listrik mahal, tapi gak pernah mati lampu. kalau mati lampu, pemerintah harus ganti rugi gede2an ke setiap pemakai listrik, baik rumah maupun perusahaan. jadi palingan mati lampu nya cuma sekali dalam beberapa taun.

Jujur:
Gw kira, masyarakatnya pada jujur secara merata. toh buktinya, banyak hal yang mengkhawatirkan disini menjadi tidak perlu di khawatirkan. misalnya, parkir mobil dijalanan sepanjang malam. berhubung semua jalanan di depan rumah luas dan di sediakan tempat parkir lurus di pinggir jalan, maka semua pada parkir di sana. gak ada yg takut kecurian walaupun kaca mobilnya transparan dan barang bergeletakan di mobil. contoh lain, kalau kita belanja di supermarket yang berdampingan, trus habis belanja di supermarket sebelah yang gak pake kantong, barang belanjaan tsb bisa kita tarok lagi di trolly dan di bawa masuk ke supermarket sebelahnya. nanti di kasir tinggal di pilih mana yang dari supermarket A atau B, dan gak bakal dicurigai kalau barang yg diambil bakalan gak dibayar.

Tukang ngobrol:
Satu hal yang mengejutkan, ternyata orang Belanda itu doyan ngobrol. Buktinya banyak banget kafe dan restoran, baik indoor maupun outdoor. Mayoritas kafe nya open air, dan jumlahnya buaanyak banget. Orang Belanda suka ngumpul-ngumpul dan nongkrong lama di kafe. Ada sebagian bar tempat nongkrong, tapi gak begitu di gemari.



Depan rumah camer, 3 lantai papan kayu semua. Kalau semua semen bisa kedinginan di musim dingin. semen menyerap dingin. Di Belanda standar semua rumah adalah papan kayu.

Depan rumah camer, 3 lantai papan kayu semua. Kalau semua semen bisa kedinginan di musim dingin. semen menyerap dingin. Di Belanda standar semua rumah adalah papan kayu.




Rumah yang lebih murah berjenis flat/ apartemen beberapa lantai. Bisa di sewa per lantai bayar tahunan. Rumah yang mahal letaknya di komplek perumahan, dan biasanya di bangun beberapa tingkat. Kalau apartemen yang punya taman belakang lebih mahal lagi.

1 comment:

  1. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete

Thx for comment, kalo nggak punya akun di blog atau email, silahkan pilih profil anonymous aja atau Name/URL untuk tulis nama, dan URL nggak wajib diisi.

salam,
Via