Titipan doa

Dear all,

Ide awal membuat blog ini adalah memberi tahu keluarga gue di Padang mengenai kegiatan gue selama di Belanda, dan menyimpan kisah perjalanan gue biar nggak hilang di ingatan. Karena pengunjung blog ini sudah ribuan dan gue disupport teman untuk membukukan cerita ini, maka kisah gue ini akan gue edit menjadi 70 halm sesuai syarat redaksi karena total post di blog ini cuma 40 halm. Untungnya masih banyak yang belum gue ungkap di blog.

Doakan hasil karya gue menjadi lebih baik, lebih detil dan lebih bermanfaat ya...
Semoga lolos penerbitan. Amin.

Thx dah mampir.

NOTE: Mau baca yang sudah di edit lengkap? baca di: caprivhia.com

Monday, July 18, 2011

Part 7: Dari Leeuwarden ke Groningen

Selama liburan ini, gw tinggal di Leeuwarden, sebuah kota kecil di Belanda. penduduknya sedikit dan agak sepi. kalo dibandingkan dengan Bogor yang juga kota kecil, atau Bukit tinggi yang dingin, gw rasa kedua kota di Indo ini masih lebih rame dari pada Leeuwarden. Pusat kota Leeuwarden hampir sama dengan pusat kota lain nya di Belanda. kalo di Padang, pusat kotanya adalah pasar raya Padang, nah di sini yang di sebut pusat kota "Kota" adalah pasar dan pusat pebelanjaan. Pusat kota di Leewarden sangat luas, dan isinya semua pusat perbelanjaan. dari pangkal blok sampai 1 kilo ke ujung blok semua toko belanjaan. mayoritas pakaian dan kosmetik, di selingi kafe. kalo gw perhatikan, tiga jenis toko ini yang paling banyak. toko pakaian, toko kosmetik dan kafe. sisanya adalah salon, barbershop, bioskop, apotik, toko turki, toko Indonesia, toko roti, toko bunga, bahkan bioskop. semua macam toko tersambung dalam blok yang simetris. kalo ada persimpangan, nanti blok arah kiri ato kanan masih sama. model gedung nya monoton.

Perjalanan ke Groningen
Kemaren gw ke Groningen, kota lain di bagian utara Belanda. Kalo berangkat dari Leeuwarden lewat jalan raya pake mobil, biasanya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari sejam. sehubungan gw naik kereta, dan jalur kereta nya muter pinggir kota, jadi jarak tempuh semakin terasa jauh. begitu juga kalo ke amsterdam. dari sini cuma 1,5 jam pake mobil. tapi kalo lewat kereta bisa 2 jam an. sepanjang kita naik kereta, yang di lihat cuma perternakan sapi, domba, dan kuda. peternakan nya luas banget, numpang lewat pinggir peternakan pake kereta aja bisa makan waktu setengah jam. masing2 sapi kayaknya di kasih kavling luas banget, bisa guling2an, jumpalitan sampe 300 meter per sapi. halah.. pokoknya luas banget dan sapi nya buanyak banget. makanya harga daging, susu dan keju di sini jadi murah. soalnya di Belanda bisanya cuma berternak sapi. (ssshhhh.. makanya menjajah Indonesia)


Kereta antar kota.
Kereta api di Belanda bersih seperti kereta api Express AC di Jakarta. bedanya, di sini gak pakai AC dan tidak dilarang membawa makanan dan minuman di kereta, bahkan membawa sepeda. Jadi kalo mau bawa sepeda dari satu kota ke kota lain, asalkan punya penyangga sepeda sendiri, sepeda bisa dimasukkan ke kereta dan di parkir dekat pinta keluar. penumpang juga boleh bawa makanan dan makan minum di kereta, ada satu ato dua meja dalam tiap gerbong dan yang pasti ada tong sampah. hebat ya... boleh makan minum tapi kereta nya tetap bersih. Umumnya kereta sepi penumpang, gak kayak di Indo yang sesak. Untuk kereta yang rame penumpang sudah di desain kereta api dua lantai, jadi tetep aja gak sesak. pokoknya gak pernah rame dan sesak. tau kenapa? karena karcis nya mahal!


Groningen.
Kota Groningen lebih padat penduduk dan lebih ramai dari Leeuwarden, pusat perbelanjaan pun jauuuhh lebih luas. orang-orang nya pun lebih beragam, lebih rame, lebih berisik. di pusat kota diantara pusat perbelanjaan juga ada universitas, University van Groningen, juga ada kafe, gereja, musium, hall dan lapangan buat gelar music band dsb. kalo dibandingin Tanah Abang Jakarta masih kalah. pokoknya luas, lebar dan panjang. enaknya lagi, stasiun kereta dekat dengan pusat kota, jadi tinggal jalan kaki. toko-toko pakaian di Groningen juga lebih banyak, khususnya yang branded. kayak ori Adidas, ori Mango, dll. Harganya sudah pasti murah, untuk kisaran 200ribuan seharga baju branded asli di Eropa itu dah murah. Mereka juga punya stock yang diobral seharga dibawah 100rban yang masih bagus. #tapi menurut gw gak, karena size nya gede semua :( 






 stasiun Leeuwarden





 Kereta api ke berbagai kota di Belanda






Kereta lokal dari Leuwarden ke Groningen










Leeuwarden City:

















Groningen City:


 background nya stasiun Groningen








La Place adalah shopping mall semacam Matahari Plaza atau Carefour yang lengkap dengan foodcourt nya








Universitas Groningen




 parkir sepeda di stasiun groningen.






 gedung operasional stasiun Groningen






gedung model tua tapi pintu kayu nya otomatis.




gedung model tua tapi pintu kayu nya otomatis.

4 comments:

  1. Assalamu'alaikum via n your lelaki

    blog yang ok bnget...
    jdi tertarik jga k blanda.....

    wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















      Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

      Delete
  2. waalaikumsalam...

    thx ya...
    ayuh aja ke sini, masih longgar. :)

    ReplyDelete
  3. add pin ku , mau tanya tanya 26365630

    ReplyDelete

Thx for comment, kalo nggak punya akun di blog atau email, silahkan pilih profil anonymous aja atau Name/URL untuk tulis nama, dan URL nggak wajib diisi.

salam,
Via